Alasan mengapa warna kain selalu berbeda setiap pencelupan warna baru

http://www.jalakapas.com

Alasan mengapa warna kain berbeda setiap pencelupan warna baru.


Assalammualaikum wr.wb.


Pasti saat kita melakukan proses produksi yang membutuhkan banyak kain dalam penggunaannya. Kita harus melakukan pemesanan kepada pabrik atau toko kain tempat kita membeli. Saat stok mencukupi, kita dapat dengan mudah mendapatkan kain dengan warna yang kita inginkan.

Namun ada kalanya saat stok tidak cukup dan perlu melakukan celup warna baru. Saat stok kain baru datang, warnanya sudah tidak sama lagi dengan terakhir kita ambil.

Kadang lebih terang, lebih gelap, atau bahkan sangat berbeda.

Umumnya hal ini sering terjadi dalam penjualan kain. Dan banyak sekali orang yang komplain akan hal tersebut. 

Sebagai seorang yang awam, kita mungkin hanya diberi sedikit petunjuk mengapa hal ini terjadi. Ada kalanya pihak pabrik/toko beralasan karena beda lot dan beda tanggal produksi jadi tidak mungkin sama. 

Ada juga yang menganalogikan dengan benda benda lain. Tentu saja hal ini berakibat menjadi sebuah tanda tanya tersendiri terhadap kita sebagai pengguna dan khususnya saya sebagai pemasok kain.

Sebenarnya banyak hal yang terjadi selama proses pencelupan warna dalam kain. Untuk hal tekhnis dan detailnya kita harus serahkan kepada para sarjana tekstil. Karena pasti mereka lebih paham daripada saya. Namun sayangnya mereka tidak bisa memberikan penjelasan yang mudah. Atau mereka malas menjelaskan karena pasti orang awam tidak paham. Padahal itu cukup penting.

Saya mempunyai seorang pelanggan yang menginginkan warna kain yang digunakan harus sama setiap tahunnya. Tidak boleh melenceng sedikitpun. Saya tidak dapat memastikan dan menjamin bahwa pada warna kain yang akan dibuat bisa sama persis dengan tahun lalu. Oleh karena itu saya harus bisa memberikan jawaban yang masuk akal dan memuaskan.

 Dann.

Setelah mengobrol dengan salah seorang pemilik Distributor kain terbesar. Akhirnya saya mendapatkan pencerahan yang saya cari selama ini. Khususnya soal kain dan warnanya yang selalu tidak sama.

Berikut screenshoot obrolannya : 




Oke...

Mungkin juga masih ada sebab lain yang lebih mempengaruhi. Namun saya lebih suka dengan penjelasan ini. Lebih mudah dipahami.

Jadi sekarang sudah lebih tercerahkan bukan? Diharapkan nantinya teman-teman semua dapat memahami dan juga memberi pemahaman kepada pelanggannya mengapa warna kain selalu berbeda setiap proses pencelupan.


Sekian dan terima kasih.


Wasssalammualaikum wr.wb.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »