CARI PRODUK

APA ITU KAIN DRILL?

 KAIN DRILL

 
contoh serat drill



Assalammualaikum wr.wb.


Terima kasih telah berkunjung ke sini.

Sekarang, saya akan bahas tentang apa sih kain drill? Bagi orang awam, biasanya hanya mengenal jenis kain katun, tc, rayon, sutra. Tapi kalau drill ?, tidak semua orang tahu.

Kebanyakan yang paham hanyalah orang-orang yang sering bergelut dengan dunia konveksi dan seragam.

Kain drill banyak dipakai untuk seragam pabrik, lapangan, dan kadang ada yang menggunakannya untuk bahan topi.

Kain drill itu sendiri adalah campuran dari tetoron (65%) dan rayon (35%) dengan ciri khas serat berbentuk diagonal. Bahan ini tidak mudak sobek, kuat, awet dan beberapa merk biasanya cukup nyaman dan tidak panas.

Namun ada juga yang mencampurnya dengan bahan polyester agar warna terlihat lebih mengkilap. Walaupun biasanya harganya murah, namun sangat panas. Juga mudah berbulu. Seringnya digunakan untuk pembuatan topi atau seragam partai.



BEDA AMERICAN  DRILL DAN JAPAN  DRILL

Di pasaran, drill dibagi 2 jenis, yaitu merk American Drill dan Japan Drill.

Perbedaannya adalah pada serat dan bahan. Biasanya American Drill berserat agak kecil atau halus. Sedangkan Japan Drill seratnya cukup besar dan tebal.

Japan drill juga lebih enak dipakai karena mengandung cukup banyak katun. Tentu saja itu berpengaruh terhadap harganya. Harga kain japan drill sendiri bisa sampai 2x lipat harga kain american drill per meternya. Namun kualitasnya sebanding dengan harganya.

Adalagi, mengapa bahan drill dicari sebagai bahan untuk pembuatan seragam. Utamanya untuk seragam tim lapangan, pabrik dan juga kantor dinas pemerintah.

Selain keuntungan yang sudah disebutkan di atas, lainnya adalah tidak cepat kotor dan mudah pencuciannya.

Bayangkan jika pekerja lapangan menggunakan bahan tipis seperti TC atau Katun yang digunakan dalam pembuatan kemeja. Pastinya akan cepat kotor dan juga mudah rusak.

Alasan itulah yang membuat drill dicari sebagai bahan untuk seragam selain TC dan Katun.



MERAWAT KAIN DRILL 

Perawatannnya juga cukup mudah, dicuci dengan tangan atau mesin tidak menimbulkan kerusakan.

Namun hati-hati pada warna terang, hindari penjemuran di bawah terik matahari langsung. Warna akan cepat pudar dan kelihatan belang.

Nah, itu tadi pembahasan tentang kain drill. Next akan dibahas tentang bahan plat. Bahan yang sering digunakan untuk pembuatan seragam sekolah.


Wassalammualaikum wr.wb.
Share:

3 comments :

  1. Terima kasih infonya gan, sangat bermanfaat buat ane tentang bahan.

    ReplyDelete
  2. Kain drill menjadi banyak incaran tapi sayang bukan lokal punya yang dominan jualan, kain ini banyak di pakai untuk kemeja dan juga bisa untuk hiasan seperti bali di usaha saya https://pabrikkeramikgerabahpleredpurwakarta.yusrilresmahadi.com/museum-keramik-plered-uptd-litbang-keramik-plered-purwakarta/

    ReplyDelete
  3. penjelasan yang membantu untuk konveksi menambah wawasan barakallah

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes