JENIS KAIN RAMAH LINGKUNGAN




Assalammualaikum, wr. wb.

Hello....

Fashion adalah salah satu industri yang tidak pernah mati. Sebagai salah satu dari 3 pokok kebutuhan dasar manusia, perkembangannya selalu sangat dinanti oleh banyak orang.

Tengok saja brand-brand besar macam H&M, Gucci, Chanel, Balenciaga. Setiap musim mereka mengeluarkan koleksi baru. Dan dipertontonkan di acara fashion-fashion week.

Namun, taukah Anda? Industri Fashion juga yang membuat banyak sekali sampah dan tingkat pemanasan global semakin naik. 

Berapa banyak kain dari bahan sintetis yang harus dibuat dan juga pakaian yang dibuang dan dimusnahkan karena "ketinggalan zaman". Padahal banyak masyarakat dunia ketiga yang tidak bisa membeli pakaian. 

Oleh sebab itu sekarang trending pasar bergerak ke arah sustainable cloth/sustainable fashion.

Apa sih sustainable fashion?

Sustainable sendiri dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai berkelanjutan. Maksudnya di sini adalah sebagai barang yang bisa diproses oleh alam, bisa didaur ulang, atau ramah lingkungan.

Sustainable Fashion sendiri diartikan sebagai fesyen berkelanjutan. Dikutip dari situs www.zerowaste.id : 

Fesyen Berkelanjutan adalah praktik dalam fesyen yang mengedepankan nilai-nilai dari berbagai pihak yang terlibat di dalamnya, khususnya lingkungan dan kemanusiaan.

Banyak produsen fashion di industri tekstil mencoba mengubah arah industri dengan mengganti beberapa kain yang cukup ramah lingkungan.

Nah di artikel ini, kami akan mencoba menjabarkan kain-kain apa saja yang ramah lingkungan.

1. KAIN SERAT BAMBU

Pict : id.bestlace.net

Kain serat bambu memiliki anti bakteri alami dan mudah terurai dengan alam. Namun ada juga yang menggunakan campuran bahan kimia untuk mengubah seratnya menjadi kain.

Untuk itu perusahaan yang menggunakan proses tersebut, harus melabeli pakaian mereka dengan rayon berbasis bambu.


2. KAPAS ORGANIK


Photo by Trisha Downing on Unsplash

Tanaman kapas biasanya menggunakan pestisida dalam pengelolaannya. Berbeda dengan kapas organik, yang ditanam tanpa tambahan bahan kimia atau bahan sintetik lainnya.

Kalau mau semakin yakin dengan pilihan alami. Anda bisa mencari kain dengan pewarna alami di labelnya.


3. SERAT HEMP



Pada dasarnya kain ini seperti kain rami/kain goni pada umumnya. Namun serat yang digunakan berasal dari tumbuhan hemp. Hemp sendiri merupakan tanaman yang mudah perawatannya dan tidak menghabiskan nutrisi tanah.


4. KAIN KASMIR




Kain kasmir sendiri adalah kain wol halus yang terbuat dari bulu-bulu kambing. Sama seperti kain wol dari bulu domba. Namun, kain kasmir berasal dari wilayah India. 

Akhir-akhir ini negara China menggunakan protein kedelai untuk membuat serat kain yang persis dengan kain kasmir. Sehingga kain kasmir dari kedelai ini banyak digunakan untuk pembuatan selimut, mantel, dan sebagainya.


5. KAIN DARI SERAT TENCEL


Pic : www.tencel.com

Tencel sendiri adalah nama sebuah perusahaan yang mengembangkan produk serat alami berbasis tanaman. Tencel sendiri mengklaim bahwa produk mereka serat Lyocell dan Modal menggunakan kayu yang pengelolaannya memperhatikan kelestarian lingkungan.

Serat kain Tencel ini dapat dicampur untuk pembuatan benang dan kain. Karena produknya alami, jadi aman untuk lingkungan.



Itu tadi beberapa jenis kain yang ramah lingkungan atau sustainable fashion. 

Semoga info ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk mengunjungi toko online kami di : www.biastex.com 


Terima Kasih



Wassalammualaikum wr.wb.
Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes