Blog in English

CARI PRODUK

4 BAHAN YANG COCOK UNTUK SERAGAM KERJA



 Assalammualaikum wr.wb.


Halo #kawanbiastex


Apa kabar?


Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan juga selalu semangat.


Pasti pernah diantara kita yang bingung bahan baju apa yang cocok digunakan untuk pakaian kerja.

Apalagi jika harus menentukan kain yang bagus untuk di dalam ruangan dan di luar ruangan. Nah, langsung aja yuk cekidot bahan yang bagus untuk seragam kerja :)


1. BAHAN DRILL



Adalah kain/bahan yang terbuat dari campuran Tetoron & Rayon : 65% : 35%, dan mempunyai anyaman kain twill yang berbentuk diagonal.

Kain drill sendiri pada awalnya digunakan untuk seragam tentara. Dulu seragam tentara berwarna krem/khaki karena dapat berkamuflase dengan alam. Pada akhirnya karena banyak yang menyukai bahan ini, maka masyarakat biasapun banyak menggunakan bahan ini untuk pembuatan baju casual.

Oleh sebab itu, kain drill sangat cocok untuk seragam outdoor ataupun seragam lapangan. Beberapa jenis pekerjaan yang menggunakan seragam berbahan drill antara lain : 

  • pertambangan
  • bengkel / workshop
  • tekhnisi lapangan
  • instruktur 

Namun ada juga yang menggunakan untuk seragam di dalam ruangan, karena sifatnya tahan lama, tidak panas dan kuat.

BACA  JUGA : TENTANG TAIPAN DRILL


2. BAHAN TROPICAL / PLAT




Bahan Plat / Tropical pada umumnya hampir sama dengan bahan drill. Komposisinya pun juga hampir sama, yang membedakan adalah anyamannya yang polos berbeda dengan kain drill.

Dikarenakan anyaman kain tropical yang polos maka bahannya terkesan lebih ringan dibandingkan dengan drill. Kain tropical sendiri pada umumnya adalah varian ringan dari versi drill, karena beberapa brand kain drill saat mengeluarkan produk drill-nya juga akan mengeluarkan produk tropical-nya.

Kain tropical cocok digunakan untuk seragam dalam ruangan, karena teksturnya lebih tipis dan juga lebih ringan. Namun bisa juga digunakan untuk di lapangan dengan intensitas kerja yang tidak terlalu berat.

Sesuai dengan namanya tropical atau tropis, kain ini memang dikhususkan untuk orang-orang yang bekerja di wilayah tropis. Yang mana kainnya harus dapat menyerap keringat, tidak gerah, ringan dan mudah perawatannya.


KAIN TROPICAL DARI MARYLAND 



3. BAHAN POLYESTER


Jenis kain yang terbuat dari bahan polyester sendiri umumnya banyak sekali. Namun, untuk seragam kerja biasanya yang sering digunakan adalah bahan yang licin dan ringan.

Brand-brand kain terkenal seperti Bellini, Jobb, Textile One dan lainnya, komposisinya adalah polyester dengan mix dari jenis bahan yang lain. 

Ciri-ciri dari bahan Polyester sendiri adalah, tidak kusut, halus, licin, ringan, tidak terlalu menyerap keringat,

Salah satunya adalah untuk pembuatan blazzer, celana sopan, bahan twist, dan lainnya. Sehingga bahan ini cocok digunakan untuk di dalam ruangan.



4. BAHAN GABARDINE





Bahan Gabardine sendiri adalah bahan polyester yang mempunyai serat seperti drill, namun terkesan ringan dan tidak mudah kusut. Salah satunya adalah seragam pramuka di atas.

Tekstur gabardine sendiri jika diraba terasa agak kasar, dan mengkilap seperti ada blink-blink. 

Biasanya kain ini digunakan untuk pembuatan jas, jas almamater, celana, blazer dan lainnya.


Nah itu dia tadi beberapa jenis kain seragam yang bisa digunakan untuk pembuatan seragam. Anda bisa menentukan bahan mana yang cocok berdasarkan karakteristiknya. 


Oh iya, jangan lupa kunjungi kami di TOKOPEDIA dan SHOPEE Karena ada banyak penawaran menarik dan juga gratis ongkir lainnya.





Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes