Blog in English

CARI PRODUK

HARGA PEMBUATAN SERAGAM SEKOLAH




Membuat seragam sekolah untuk para pelajar memang cukup kompleks.  

Bahkan di beberapa sekolah menerapkan pengukuran satu per satu kepada siswanya di setiap angkatan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemakaian.

Nah. Kali ini Biastex ingin membahas tentang biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan seragam seragam harian, seragam pramuka, olahraga dan juga seragam khusus.

Jadi simak terus ya....


JENIS-JENIS SERAGAM SEKOLAH 


Seragam sekolah sekarang ini terdiri dari beberapa jenisnya. Umumnya dalam satu minggu siswa-siswi mengganti 3-4 kali seragamnya. Bahkan dalam 5 hari masa sekolah, 5 kali pula mereka mengganti seragamnya.

Kira-kira seragam apa saja ya ? 


1. Seragam hari Senin / Seragam Upacara



Di tingkat SD, SMP, dan SMA ada yang menerapkan pada hari Senin, siswa-siswi harus menggunakan pakaian serba putih. Kemeja putih dan rok/celana putih. 

Pada saat upacara tidak lupa dilengkapi dengan dasi, topi, dan ikat pinggang. Sepatu hitam dan kaos kaki putih yang panjang.


2. Seragam Harian



Untuk seragam harian, biasanya menggunakan kemeja putih dan bawahannya bisa rok/celanaa merah untuk SD, biru dongker untuk SMP, dan abu-abu untuk SMA. Adapula yang menggunakan dasi sebagai pelengkap aksesoris.


3. Seragam Olahraga



Pada pelajaran olahraga, setiap siswa-siswi diwajibkan untuk mengganti seragamnya dengan pakaian olahraga. Pakaian tersebut adalah kaos olahraga dan celana training yang disablon atau dibordir nama sekolah. Biasanya digunakan bahan yang menyerap keringat agar nyama saat dikenakan.


4. Seragam Pramuka




Walaupun tidak digunakan dalam kegiatan pramuka, di beberapa sekolah ada kebijakan menggunakan seragam pramuka 1 hari dalam 1 minggu.

Seragam pramuka ini terdiri dari atasan berwarna cokelat susu dan bawahan berwarna cokelat kopi. Dilengkapi dengan dasi/scarf merah putih di leher.


5. Seragam Batik

Sudah sejak lama, sekolah-sekolah mengadakan baju batik untuk seragam sekolahnya. Dulu baju batik yang digunakan umumnya adalah batik tut wuri yang hanya 1 warna saja.

Namun dengan seiring perkembangan zaman, dan ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan dunia. Maka corak batik menjadi beragam warna. Bahkan tiap sekolah mempunyai ciri khas batik sendiri.


6. Seragam kotak-kotak

Ada beberapa sekolah yang menggunakan kain kotak-kotak untuk seragam khususnya atau ciri khasnya. Biasanya yang digunakan adalah corak kotak-kotak fashion yang bermacam warna.


7. Seragam Eksekutif/Khusus

Untuk seragam ini, biasanya digunakan di tingkat Sekolah menengah atas ataupun kejuruan. Dikarenakan desainnya lebih kompleks, karena terdapat rompi/blazer dan dasi. Yang kadang kurang cocok untuk jenjang sekolah dasar dan menengah.

Biasanya untuk seragam sekolah menengah kejuruan, ditentukan oleh jurusan sekolah tersebut. Tekhnik, bisnis manajemen, kecantikan, tata boga, perhotelan dsb. Dan seragam tersebut merupkan representasi dari kegiatan yang ada di sekolah mereka.


BIAYA PEMBUATAN SERAGAM SEKOLAH


Untuk biaya pembutatan seragam sekolah biasanya ditentukan oleh faktor sebagai berikut : 

a. Jenis bahan yang digunakan

b. Model seragam. Semakin rumit semakin mahal

c. Banyaknya sablon / bordir

d. Jumlah seragam yang dibuat. Semakin banyak, biaya satuannya semakin murah.


Oleh karena itu, bagi kawan Biastex yang ingin membuat seragam sekolah bisa langsung menghubungi whatsapp kami ya :))


Terima kasih telah menyimak




Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes