CARI PRODUK

APA ITU FAST FASHION

 


Dalam artikel kemarin, kita banyak membahas tentang fast fashion. 

Lalu sebenarnya, apakah fast fashion itu sendiri? 


PENGERTIAN FAST FASHION


Dilansir dari zerowaste.com, fast fashion adalah : 

istilah yang digunakan oleh industri tekstil yang memiliki berbagai model fashion yang silih berganti dalam waktu yang sangat singkat, serta menggunakan bahan baku yang berkualitas buruk, sehingga tidak tahan lama.

misal jika sebuah merek mengeluarkan model untuk musim panas, makan dalam beberapa waktu yang singkat akan segera memulai produk untuk musim dingin, dst.


Selain itu, setiap tahun trennya akan berbeda, sehingga produk yang sudah diproduksi tahun kemarin tidak akan diproduksi kembali. Hal itulah yang menyebabkan limbah fashion sangat besar jumlahnya.


SEJARAH FAST FASHION


Masih dari sumber yang sama, sebelum memasuki zaman revolusi industri, fashion merupakan sebuah produk yang mahal, karena fashion dijahit dengan tangan dan sangat detail. Efeknya fashion hanya dapat dibeli oleh kalangan tertentu saja. 

Kemudian pada tahun 1980 muncul zaman revolusi industri, dimana muncul berbagai teknologi, salah satunya teknologi mesin jahit untuk memproduksi produk fast fashion.




Fast fashion dibuat dengan proses yang lebih cepat, menggunakan bahan baku yang berkualitas rendah, serta dijual dengan harga yang murah. Sehingga fashion dapat dibeli oleh semua orang yang berasal dari berbagai kalangan. Tetapi efek buruknya produk-produk tersebut tidak bertahan lama (mudah rusak).


CIRI-CIRI FAST FASHION


Berikut 4 ciri-ciri yang dapat mempermudah kalian mengenali sebuah produk fast fashion:

  • Produk fast fashion memiliki banyak model dan selalu mengikuti trend terbaru.
  • Model fashion selalu berganti dalam waktu yang sangat singkat.
  • Diproduksi pada negara Asia dan negara berkembang, dimana pekerja digaji dengan sangat murah tanpa ada jaminan keselamatan kerja dan upah yang layak, salah satunya di Indonesia.
  • Menggunakan bahan baku yang tidak berkualitas (murah) dan tidak tahan lama.

Industri fast fashion mendorong banyak orang untuk sering berbelanja, karena mereka selalu memproduksi model dengan tren terbaru. Hal ini akan menimbulkan sifat boros dan ketidakpuasan.

Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes