Blog in English

CARI PRODUK

BUKA USAHA THRIFT SHOP LANGSUNG CUAANN

 


Pernah dengar istilah thrift shop?

Istilah tersebut baru-baru ini viral di Indonesia karena menjamurnya online shop dan para influencer sosial media yang mengenalkannya. Sebelumnya, kita menggunakan pasar loak atau pasar barang bekas.

Dan jenis thrift shop yang paling banyak dicari adalah toko yang menjual barang fashion. Seperti, baju, celana, sepatu, tas, dll.

Kalau dahulu, sentra toko baju barang bekas ada di Pasar Senen. Di sini kamu bisa menemukan baju dari berbagai merek terkenal di dunia. Bahkan banyak juga artis-artis yang suka berburu fashion lama di sini.

Untuk saat ini, karena banyak masyarakat yang berbelanja di media sosial, maka banyak orang-orang yang membuka thrift shop di Instagram, marketplace, facebook, dll.

Lalu, bagaimana sih cara memulai usaha ini? 

Yuk, simak artikel dari Biastex


1. TENTUKAN MODAL YANG DIPERLUKAN

Modal di sini, selain untuk pengadaan barang, jangan lupa untuk berbagai hal teknis lain. Seperti, biaya laundry, pengiriman, foto produk, marketing, pengemasan, dll.

Sebenarnya modal untuk mencari barangnya sendiri cukup murah, dengan harga Rp 500.000 - Rp 1.000.000, kamu sudah bisa memulai usaha ini.


2. FOKUS PADA 1 JENIS BARANG

Terkadang karena harga barang-barang yang cukup murah, kita jadi tertarik untuk menjual berbagai macam produk. 

Ada baiknya sebagai pemula, kita perlu fokus pada satu saja misal pakaian, sweater, baju perempuan, sepatu, tas.

Biarkan kita dikenal dulu sebagai thrift shop khusus barang jenis ini. Lalu saat mulai berkembang, perlahan-lahan kita tambahkan jenis barangnya.


3. ANALISA PASAR DAN TARGET MARKET

Persaingan thrift shop cukup ketat saat ini. Ada baiknya teman-teman melakukan riset pasar terlebih dulu. Lihat jenis produk apa yang banyak dicari, lalu lihat kompetitornya, dan analisa apa yang kurang dari produk mereka.

Selain itu jangan lupa tentukan target pasarnya, misal apakah produknya khusus perempuan saja atau laki-laki saja, lalu usia, kegitatan/aktifitas. 

Hal ini untuk mencegah kerugian dan juga dapat menjaring pasar yang lebih terfokus.


4. MENCARI SUPPLIER 

Mencari supplier memang susah-susah gampang. Banyak trial dan error yang biasanya dirasakan dalam hal ini. Banyak tenaga dan waktu yang harus dikeluarkan untuk mecarinya.

Namun jika memang masih awam atau terkendala dengan lokasi, keadaan dan waktu. Teman-taman bisa mencarinya di marketplace. Contohnya di toko Shoppee berikut : 


a. Paket Usaha Baju Anak

Baju anak-anak merupakan salah satu produk yang sangat laku di pasaran. Dengan target market mamah muda dan mamah-mamah lainnya. 



Link shopee : https://shp.ee/cfdmgj5


b. Pakaian Wanita



Harga : 99.000 - 195.000 

Link shopee : https://shp.ee/teeebw5


Usaha Hoodie, Crewneck



Harga : 350.000/ball

Link Shopee : https://shp.ee/mx8z3g5


4. SHARE KE MEDIA SOSIAL

Sudah jamak dilakukan sekarang dimana aktifitasmu disebarkan ke media sosial. Begitu pula dengan jualan kita.

Buat foto yang cantik dan juga deskripsi dan harga yang jelas, sehingga dapat menarik minat calon konsumen.

Tidak lupa untuk memberikan sedikit diskon sebagai penarik perhatian. 


Begitulah tips-tips untuk membuka thrift shop. Jangan lupa untuk selalu update informasi dan trend agar online shopmu nanti berkembang.


Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes